Jenis-jenis Tempat Wisata di Palembang Yang Dapat Anda Ketahui

Jenis Tempat Wisata di Palembang – Kota Palembang sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan, memiliki potensi wisata yang tak boleh diragukan. Tidak hanya pempek dan Jembatan Ampera, Kota Palembang juga menyimpan warisan sejarah dan budaya yang menarik, serta memberi pengetahuan dan wawasan kepada wisatawan. Inilah contoh beberapa Jenis Tempat Wisata di Palembang.

1. Pulo Kerto

Pulo Kerto merupakan kawasan agropolitan dan agrowisata yang terletak di Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Contoh agrowisata di Pulo Kerto adalah Kebun Wisata dan Edukasi Herbal Pulokerto sebagai kebun tanaman hortikultura dengan 220 jenis tanaman herbal.

Baca Juga : 9 Tempat Wisata di Medan Paling Populer yang Wajib diKunjungi!

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro salah satu destinasi dengan kisah yang melegenda di Palembang. Pulau ini berbentuk melalui proses alami dari tanah dan lumpur yang terkumpul di muara sungai. Pulau Kemaro tepatnya terletak di tengah Sungai Musi, secara administratif ada di Kecamatan Ilir Timur II.

3. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang yang sangat populer dan pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan Ampera ini memiliki lebih dari 1.000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter. Lokasinya ada di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

4. Kambang Iwak

Kambang Iwak berupa kawasan taman dengan danau dihiasi dengan pohon-pohon rindang nan hijau dan menyejukkan. Tempat ini terletak di Jalan Tasik, Talang Semut, Kecamatan Bukti Kecil, Kota Palembang. Di Kambang Iwak, pengunjung dapat bersantai melepas penat, berolahraga, atau sekedar berfoto-foto.

5. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho dengan nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho merupakan masjid unik dengan gaya arsitektur perpaduan budaya Palembang, Tionghoa, dan Arab.

6. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang merupakan tempat wisata religi yang terletak di Jalan Srijaya Negara, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang. Di Bukit Siguntang terdapat arca Buddha yang terbuat dari batu granit dengan tinggi 2,77 meter.

7. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak yang dikelilingi tembok besar dan meriam dari besi di sudutnya merupakan bangunan sejarah di Palembang. Banteng yang dibangun pada tahun 1780 itu terletak di tepi Sungai Musi, tepatnya di jalan Sultan Mahmud Badaruddin, 19 llir, Bukit Kecil, Palembang.

8. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk merupakan tempat wisata yang tergolong masih baru dan dibangun untuk persiapab Asian Games 2018 di Palembang. Berada di bagian Sungai Sekanak, Sekanak Sidewalk terletak di Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang.

9. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu terletak di Jalan Kolonel Burlian km 6,5 Karya Baru, Alang-alang Lebar, Palembang. Wisata alam ini merupakan kawasan hutan kota yang memiliki luas sekitar 50 hektar dan sangat cocok untuk dijadikan wisata keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *